apple-akan-bangun-proyek-baterai-panel-surya-terbesar-1

CALIFORNIA Apple Inc akan membangun fasilitas penyimpanan energi terbarukan berbasis baterai di California Tengah. Proyek itu akan dibangun di dekat instalasi energi surya yang sudah menyediakan energi untuk semua fasilitas perusahaan teknologi itu di negara bagian tersebut.

Apple mengatakan proyek ini akan menyimpan energi sebesar 240 megawatt, atau cukup untuk mengalirkan listrik ke lebih dari 7.000 rumah selama satu hari. Fasilitas itu terletak di sebelah instalasi surya California Flats di tenggara Monterey County, sekitar 100 mil tenggara dari kantor pusat Apple di Cupertino, California.

Fasilitas tersebut mengalirkan 130-megawatt listrik langsung ke fasilitas Apple di California selama siang hari, tetapi tidak menyediakan listrik pada malam hari.

Lisa Jackson, wakil presiden inisiatif lingkungan, kebijakan dan sosial Apple, mengatakan perusahaan bermaksud untuk mengembangkan apa yang diyakini akan menjadi salah satu sistem penyimpanan berbasis baterai terbesar di Amerika Serikat (AS).

(Baca juga: Para Penggemar e-Sports, Kenali Karakter Vision+ Originals “Sumber Rezeki” Di Sini!)

“Tantangan dengan energi bersih – matahari dan angin – adalah bahwa itu menurut definisi bersifat intermiten (berjeda.red)” kata Jackson kepada Reuters.

Jackson mengatakan bahwa Apple berencana untuk membagikan temuannya dari pembangunan proyek itu dengan perusahaan lain. Namun ia mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan dengan tepat bagaimana mereka akan melakukannya. Apple memiliki proyek lain di mana ia telah berbagi perkembangan teknologi lingkungan, termasuk usaha patungan peleburan aluminium di Kanada dan laboratorium teknologi daur ulang Apple di Texas.

Pada Rabu (31/3), Apple juga mengatakan bahwa 110 pemasoknya saat ini telah beralih menggunakan energi bersih untuk pekerjaan yang mereka lakukan terkait Apple. Pekerjaan itu bisa menghasilkan energi bersih setara dengan 8 gigawatt, atau apa yang dikatakan Apple setara dengan menghilangkan 3,4 juta mobil dari jalan.

(Baca juga: Bantu Kiko Kalahkan Krabot Jahat. Mainkan Kiko Run di aplikasi RCTI+ Sekarang!)

Angka tersebut meningkat dari tahun lalu ketika Apple mengatakan 70 pemasoknya telah melakukan transisi ke energi bersih untuk pekerjaan Apple. Saat itu mereka menetapkan tujuan untuk menghilangkan emisi karbon dari rantai pasokannya pada 2030.

 (sst)

(amr)