Belajar dari Rumah, Ini Tips agar Baterai Laptop Tak Cepat Boros

JAKARTA – Sebagian besar mahasiswa masih menerapkan sistem belajar online di tengah pandemi virus corona (COVID-19) sekarang ini. Laptop pun menjadi salah satu perangkat paling dibutuhkan untuk mendukung proses belajar di rumah.

Namun sayangnya permasalahan baterai yang cepat boros kerap ditemui. Tak jarang kalian harus mengisi daya laptop terus menerus. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa cara jitu agar baterai laptop tak cepat boros seperti dilansir dari laman Time, Minggu (2/8/2020).

1. Turunkan Kecerahan Layar

Cara pertama yakni turunkan kecerahan layar laptop Anda. Dengan membiarkan layar Anda terlalu terang akan menguras baterai lebih cepat habis.

2. Matikan Speaker, WiFi, dan Bluetooth

Jika sedang melakukan banyak pekerjaan, cobalah untuk tidak menyalakan musik dengan speaker. Pengeras suara laptop mampu menguras daya laptop sangat besar.

Tidak hanya itu matikan juga WiFi dan Bluetooth ketika tidak diperlukan. Keduanya juga dapat menghabiskan baterai laptop dengan cepat.

3. Kurangi Kegiatan Multitasking

Tutup semua aplikasi atau program yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang. Mengurangi kegiatan multitasking untuk laptop Anda akan membantu menghemat daya baterai.

4. Hindari Suhu Ekstrem

Terakhir, jangan pernah memaparkan baterai pada suhu ekstrem. Pastikan untuk melepas baterai saat masih menggunakan laptop sembari mengisi daya. Serta mengisi daya laptop saat mencapai 10 persen.

(ahl)

Loading…