Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia yang Berlokasi di California AS

Tahukah Anda pohon tertinggi di dunia memiliki tinggi lebih dari 100 meter. Pohon tertinggi ini dinamakan Hyperion, yang berlokasi di bagian memajukan California, Amerika Serikat (AS).

Hyperion merupakan tanda dari coast redwood (Sequoia sempervirens) yang memiliki tinggi tepatnya 115, 92 meter. Wikipedia menerangkan, pohon tersebut menempati posisi sebagai pohon paling tinggi di dunia. Hyperion ditemukan di 25 Agustus 2006 oleh Chris Atkins dan Michael Taylor.

Pohon itu diverifikasi berdiri setinggi 115, 55 meter (379, satu kaki) oleh Stephen Sillett. Pohon itu ditemukan di daerah terasing Taman Nasional dan Negara Arah Redwood yang dibeli pada 1978.

Pohon itu diperkirakan mengandung 530 meter kubik dari kayu. Sillett memperkirakan pokok kayu itu berumur 600 tahun, tatkala yang lain melaporkannya kira-kira berumur 700-800 tahun.

Periset menyatakan bahwa kerusakan pelatuk di bagian atas jadi mencegah pohon tumbuh lebih luhur. Pada Februari 2012, Hyperion ditampilkan dalam dokumenter BBC Radio 4 James dan Redwood Raksasa oleh James Aldred.

Selain Hyperion, ada pohon lainnya yang tercatat sebagai pohon terbesar. Pohon tersebut bernama General Sherman. General Sherman merupakan pohon terbesar di dunia yang berada dalam Giant Forest, Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat. Pohon yang diperkirakan berusia 2. 200 tahun tersebut kabarnya memiliki volume badan 1. 487 meter kubik.

 

Menangkap juga: Proses Penciptaan Manusia Dijelaskan dalam Alquran

(ahl)