ingenuity-ambil-foto-robot-nasa-penjelajah-perseverance-di-mars-1

CALIFORNIA – Helikopter milik NASA yang berada di Mars, Ingenuity, lulus mengambil foto robot petualang (rover) Perseverance dari hawa. Foto ini memberikan pemandangan penjelajah robotik di bidang dunia lain yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Oh, hei, itu aku! Tidak pernah terlintas aku akan menjadi subjek fotografer lain di Mars. Hasil tangkapan bagus oleh tim #MarsHelicopter, ” cuit Perseverance melalui akun formal rover @NASAPersevereTwitter.

BACA JUGA: Diabadikan Rover Perseverance, Helikopter Terbang pada Mars untuk Pertama Kali

Helikopter kecil seberat 1, 8 kilogram itu sedang berada 279 kaki (85 meter) dari Perseverance ketika mengambil foto tersebut. Ia juga cukup terbang di ketinggian sekitar 16, 5 kaki (5 meter), kata pejabat NASA dalam deskripsi foto.

Pencapaian tersebut berlaku selama penerbangan ketiga Ingenuity di Mars. Ingenuity terbang lebih jauh daripada sebelumnya, mencakup sekitar jarak mutlak 330 kaki (100 meter).

Ingenuity adalah demonstrasi teknologi yang dirancang untuk menunjukkan bahwa pengkajian udara dimungkinkan di Mars.

BACA SELALU: Helikopter NASA Sukses Kerjakan Penerbangan Ketiga, Hasilnya Spektakuler!

Helikopter mini itu tidak membawa perlengkapan sains apapun, tetapi menggelar jalan bagi helikopter Mars masa depan yang dapat mengumpulkan banyak data sendiri.

NASA juga merancangnya untuk berfungai sebagai pengawas dan perintis bani adam di Planet Merah.

Ingenuity dan Perseverance mendarat bersama di Kawah Jezero Mars pada 18 Februari lalu. Helikopter dibawa di dam Perseverance & mulai terbang ke langit untuk pertama kalinya dalam 19 April.

Penerbangan Ingenuity digerakkan dan dikendalikan oleh pesawat amblas di dunia luar Bumi.

(DKA)

(amr)