Kacau Video Syur Mirip Gisel, Lihai IT Ungkap Asal Kebocoran

Beredarnya video panas mirip artis Gisel membesar-besarkan publik baru-baru ini. Kasus itu masih terus dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Sejumlah merek smartphone memang telah memberikan keamanan sebaik mungkin pada set mereka. Namun, kebocoran data laksana foto dan video yang tercatat dalam smartphone tetap terjadi.

Dikutip dari Sindonews. com, demi memaksimalkan keamanan, bukan hanya tugas pemilik merek semata, tetapi juga memerlukan kebijakan pengguna dalam menggembala ponselnya agar konten dalam smartphone seperti video maupun foto tidak mudah tersebar.

“Banyak peristiwa memotret maupun video pribadi bisa merembes ke publik karena hal-hal remeh, ” jelas Pakar Keamanan Siber, Pratama Persadha, saat dihubungi Sindonews, Minggu (8/11/2020).

Mengaji Juga: Google Play Store Bermasalah, Ini Cara Ampuh Memperbaikinya

Di antara hal remeh tersebut, lanjut Pratama, salah satunya adalah karena keinginan “pamer” ke orang terdekat, sehingga video serta foto tersebut dikirimkan melalui penggunaan seperti WhatsApp. Bahkan, yang paling banyak terjadi adalah foto video pribadi yang dikirimkan ke pasangan.

“Setelah nanti ikatan tidak baik dan putus, akibat kejengkelan foto video tersebut disebar ke internet, bisa dengan akun anonim pribadi atau dikirim ke akun tertentu, ” imbuhnya.

Jika ditelusuri di platform Twitter, ada banyak akun yang mau menerima dan mempublikasikan memotret dan video pribadi mantan pacar.