Kenali 7 Tanda Ponsel Anda Disadap

JAKARTA – Pemakai tentu tidak ingin informasi awak bocor ke pihak lain. Masukan pribadi yang jatuh ke bagian asing dikhawatirkan bisa disalahgunakan ataupun dimanfaatkan untuk modus penipuan.

Aksi pencurian bahan mungkin dapat dilakukan melalui hp. Anda perlu mengenali tanda-tanda hp Anda disadap.

Dikutip Sindonews , ahli keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya, mengatakan, kalau dari bagian software, asumsinya disadap pakai software lebih mudah di deteksi. Tetapi, jika menyadapnya level jaringan akan sulit untuk di deteksi.

“Kalau ada penerapan penyadap biasanya HP jadi gamak aneh, misal baterai mendadak jadi cepat habis, data terpakai sekalipun HP tidak sedang aktif, HP mendadak lemot atau menurun performanya, ” ujarnya kepada SINDOnews melalaikan pesan singkat, Senin (10/8/2020).

Sementara itu dikutip dari laman bullguard, ada beberapa tanda yang menunjukan adanya penyadapan oleh pihak tertentu dalam ponsel Anda.

1. Suara-suara tidak terang

Anda menetapkan waspada jika ada suara klik atau suara yang jauh hadir ke ponsel selama percakapan, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang diintip.

Mungkin zaman dulu suara semacam itu wajar karena terkait jaringan. Namun di era sekarang di mana ponsel menggunakan jaringan digital, oleh karena itu jika ada suara-suara aneh tersebut ada kemungkinan ponsel Anda sudah disadap.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Jalan Komputer

2. Penurunan daya baterai

Indikasi lain hp yang disadap adalah kinerja baterai yang berkurang. Jika ponsel disadap, mereka akan merekam aktivitas ponsel dan mengirimkannnya ke pihak ke-3. Cara tersebut akan meninggalkan jejak berupa peningkatan penggunaan baterai dan akibatnya baterai kehilangan daya lebih cepat.

 

3. Ponsel menunjukkan aktivitas saat tidak digunakan

Bila ponsel Anda mengeluarkan suara-suara atau menyalakan layar saat sedang tidak digunakan, bisa jadi karena ponsel sedang disadap.

Ponsel yang kerap restart tiba-tiba juga bisa jadi karena tersedia pihak yang memiliki akses tenggang jauh terhadap ponsel Anda.

Loading…