Penjualan Smartphone di India Anjlok dalam Tengah Pandemi Covid-19

JAKARTA- Canalys melaporkan penjualan smartphone di India menyusut akibat lockdown Covid-19 pada kuartal kedua tarikh 2020.

Dikutip lantaran laman GSM Arena, Minggu (19/7/2020) pada kuartal kedua penjualan smartphone di negara ini, secara keseluruhan turun 48% dari tahun ke tahun. Dalam angka mentah, tersebut merupakan penurunan dari 33 juta unit pada Q2 2019, turun menjadi hanya 17, 3 juta pada Q2 2020.

Kabar tersebut mungkin tak begitu mengejutkan karena pengiriman smartphone tahun ini sungguh diprediksi turun drastis. Belum teristimewa penundaan produksi dari pabrikan aslinya di China imbas Covid-19.

Selama Q1 2020, pengiriman ponsel pintar lokal China tunggal turun 18% dari tahun ke tahun dan pengiriman global pada seluruh sektor ponsel pintar turun 13%.

Pada masa itu, India masih menikmati penambahan penjualan tahun ke tahun sebesar 4%. Tak hanya Covid-19, permasalahan India-China diduga menjadi sumber perkara turunnya penjualan ponsel China. Penuh yang memboikot produsen China sebab alasan politik.

Walaupun demikian para ahli Canalys mengucapkan bahwa meskipun demikian, efek sesungguhnya yang dirasakan oleh perusahaan-perusahaan itu tidak terlalu keras, karena produk-produk alternatif dari Samsung, Nokia, atau Apple hampir tidak memiliki gaya saing harga di India.

(ahl)

Loading…