Perkuat Pertahanan, Israel Luncurkan Satelit Penilik ke Orbit

JAKARTA – Setelah hampir empat tarikh, Israel kembali luncurkan sebuah satelit ke lintasan orbit. Satelit bernama Ofek 16 itu diluncurkan beserta dengan roket Shavit 2 mencuaikan pangkalan udara Palmachim di Israel Tengah, Senin (6/7/20).

Keberhasilan peluncuran roket Shavit 2 ini disampaikan langsung sebab Israel Aerospace Industry (IAI) serta Kementerian Pertahanan Israel. Dikatakan peluru tiga tahap itu berhasil terlepas landas pada pukul 4 dini hari waktu setempat.

“Satelit mulai mengorbit di sekitar Dunia dan mengirimkan data sesuai secara rencana peluncuran, ” ungkap Kementerian Pertahanan Israel, dikutip Spaceflightnow .

Meski masih membutuhkan pengujian lebih lanjut terkait kinerja Ofek 16, keberhasilan ini diakui sebagai suatu pencapaian besar. Pasalnya, Ofek 16 akan berfungsi sebagai satelit penilik optik dan radar Israel kepada Iran dan musuh lainnya.

Lebih lanjut, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga turut mengatakan bahwa Ofek 16 dapat mengawasi musuh dibanding jarak dekat dan jauh. Selain itu, satelit ini juga mampu memperluas operasi militer Israel bagus di darat, laut, maupun hawa.

Terlepas dibanding keberhasilannya, pejabat Israel tidak merilis pada parameter berapa Ofek 16 dilepaskan. Namun jika berkaca di dalam peluncuran roket Shavit sebelumnya, ada kemungkinan satelit ini dilepaskan di ketinggian beberapa ratus mil pada atas Bumi dengan kecenderungan 143 derajat dan berputar melawan ajaran rotasi planet.

Dengan peluncurannya ini, Ofek 16 menjadi peluncuran ke-11 dari roket Shavit sejak 1988. Sekaligus, planet ini menjadi peluncuran pertama pasca Israel meluncurkan Ofek 11 dalam 2010.

(ahl)

Loading…