Terekam Aksi Heroik Monyet Capuchin Selamatkan Temannya dari Ular Boa

SEKELOMPOK antropolog peneliti dibanding Universitas Tulane dalam penelitiannya merekam aksi heroik kelompok monyet capuchin menyelamatkan temannya dari serangan ular boa besar. Kejadian itu berlaku di Sektor Santa Rosa di Area de Konservacion di Guanacaste, Kosta Rika.

Dikutip dari IFL Science , Selasa (13/10/2020), Profesor Antropologi Dr Katharine M Jack mengatakan dirinya dan rekan-rekannya kala itu sedang mengamati sekelompok cengkok capuchin wajah putih sebanyak 25 ekor.

Baca selalu: Mengenal Surili, si Monyet Beruban 

Tiba-tiba itu menyaksikan sekelompok monyet capuchin saling menjerit saat seekor monyet capuchin muda ditangkap oleh ular boa yang sangat besar. Ular boa tersebut diketahui sepanjang 2 meter (6, 5 kaki).

Kelompok monyet capuchin kemudian berbaur melakukan penyelamatan temannya. Mereka turun ke tempat ular boa secara kekuatan semampunya. Para capuchin mencari jalan mengeluarkan temannya dari cengkeraman ajal ular boa besar itu. Laku penyelamatan berlangsung sangat cepat.

Capuchin muda berusia 6 tahun tersebut ditangkap oleh ular boa yang mulai membungkusnya dan meremasnya. Kaum detik kemudian, seekor capuchin adam dewasa melakukan panggilan untuk melancarkan serangan balik.

Majikan capuchin dari kelompok itu lalu menyerang ular boa tersebut secara dua betina di belakangnya. Itu mulai menyerang boa dengan sekuat tenaga.

Akhirnya sang capuchin dewasa berhasil mengambil capuchin muda yang trauma itu & segera keluar. Pertengkaran itu pula dimenangkan oleh kelompok monyet capuchin.

Baca selalu: Kemunculan Penyu Aligator Raksasa Mengherankan Masyarakat 

Cerai-berai yang lebih mengesankan, dalam bertemu ular predator ini kelompok cengkok capuchin memilih bertempur bersama daripada melarikan diri.

Sekumpulan antropolog itu pun merekam semuanya menggunakan kamera video. Rekaman itu diterbitkan sebagai bagian dari belajar di Jurnal Scientific Reports.