Ubah Audio Jadi Teks, Microsoft Hadirkan Fitur Transcribe untuk Word

JAKARTA – Melalui unggahan resmi, Microsoft perkenalkan fitur “Transcribe” di Word untuk web pada Selasa (25/8/2020). Melalui fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mentranskrip audio maupun video secara mudah.

Fitur ini tersedia buat seluruh pengguna Microsoft 365 serta dapat digunakan melalui browser Microsoft Edge atau Chrome terbaru.

Bertentangan dengan transkrip biasa, Microsoft mengklaim bahwa kini Anda dapat melangsungkan transkrip secara langsung. Anda pas membuka Word di web serta memilih opsi “Transcribe” dari kolom perintah “Dictate”.

Dengan memilih opsi, secara otomatis word akan merekam suara sekaligus mentranskripnya ke dalam word. Jadi begitu selesai, akan ada dua output yang tersimpan, yakni wacana dan audio.

Adapun rekaman akan memiliki time-stamped dan dapat Anda putar kembali kapanpun Anda mau. Dengan ini, Anda dapat dengan barangkali mengikuti alur transkrip dan merevisi setiap bagian yang dirasa kurang pas. Hasil transkrip juga bisa Anda kutip dengan mudah ke dalam dokumen dan dapat dibagikan ke siapapun yang Anda kehendaki.

Selain melalaikan rekaman langsung, fitur “Transcribe” juga dapat mentranskrip dari data audio maupun video yang anda unggah ke Word di web. Itu akan mendukung file dengan bentuk. mp3,. wav,. m4a, atau. mp4.

Sayangnya buat saat ini akan ada pembatasan durasi, yakni maksimal 5 tanda per bulan dengan besar setiap file maksimal 200mb.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Untuk saat ini, fitur “Transcribe” di Word untuk web baru menyediakan opsi transkrip dengan bahasa Inggris (ES-US). Namun Microsoft menyatakan bahwa fitur ini mendapatkan opsi penambahan bahasa lain dalam masa depan. Ini juga tidak menutup kemungkinan bahasa Indonesia tercatat.

Untuk transkrip otomatis di ponsel rencananya mau dirilis akhir tahun ini.

(ahl)